Pages

Friday, December 30, 2011

DUA HARI GAK NONTON FILM PORNO


Senin
          Gak salah jika kebanyakan orang bilang bahwa senin adalah “busy day” (hari sibuk) dunia. Buktinya hampir setiap manusia diseluruh penjuru dunia keluar rumah untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyibukkan mulai dari pemulung, pelajar, apalagi pegawai kantoran. Tak terkecuali hari senin kadang juga merupakan hari yang menyibukkan buat orang sakit, karena sisakit harus ganti baju, ganti infus, ganti seprei dan ganti-ganti yang lain yang terkait dengan sarana rumah sakit. Bayangin aja kadang kita yang sehat aja masih nggerutu jika harus diperintah melulu , apalagi orang sakit yang harus patuh dan taat terhadap saran dokter dan peraturan rumah sakit.
          Pagi terus beranjak siang, jalan raya dinoyo mulai sesak dengan lalu lalang kendaraan roda dua dan roda empat. Tumben-tumbennya anton tidak sok sibuk dihari senin itu, biasanya inilah, itulah, mau kesanalah, dipanggil itulah, pokoknya banyak aja alasan untuk menyibukkan diri apalagi dihari senin, tapi anehnya, baru senin itu anton terlihat nyantai alias gak sok menyibukkan diri.
          Menurut kabar burung sich, katanya anton lagi ngedrop alias sakit atau lagi gak enak badan, tapi yang jadi pertanyaan adalah mana ada orang sakit nongkrong didepan teras mandangin para pengguna gang II M.T Haryono Malang. seharusnya kan dia baringan ditempat tidur, ya…. Setidaknya pake jaket ke` biar keliahatan sakitnya. Tapi kalo diliat sekilas sich mukanya memang nampak pucat.
          Tak kuasa menahan rasa penasaran, akhirnya aku hampiri juga anton sekedar pengen mastiin apa benar dia sakit ato Cuma males doang.
          “hello bro, tumben kamu punya banyak waktu buat nongkrong dipagi bolong gini, kamu gak lagi sakit kan?, ato………….!!!”.
          “ato apaan, sapa bilang diriku sakit, asal dirimu tau aja ya, dalam kamus diriku itu gak ada istilah kata-kata sakit”.
          “kok bisa…?”.
          “ya hilangkan aja kok nya, jadi bisa kan”.
          “dasar kamu bro, ya dah kalo gitu aku kekampus dulu ya, biasa sekarang kan aku punya jadwal kencan ma dosen. Hari senin gitu loh”.
          “Kencan dari hongkong”.
          Kurang lebih 2 jam setelah jadwal kencan ama dosen alias kuliah selesai, ternyata anton masih saja tetap nongkrong didepan teras rumah kontrakannya dengan posisi yang sama, pakaian yang sama, dan model rambut acak-acakan yang sama pula. Aku jadi tambah penasaran coze gak biasa-biasanya dia kayak gitu apalagi dia baru aja dijenguk oleh kedua orang tuanya dua hari yang lalu ato lebih tepatnya hari sabtu yang lalu. Seharusnya dia seneng dong dapet kiriman uang and O2 (oleh-oleh) dari kedua orang tuanya. Ato jangan-jangan anton lagi ada masalah ama pacarnya. Tapi pacar yang mana ya….?, perasaan anton gak punya pacar ditahun 2007 ini, jangankan pacar disapa cewek aja dia jarang banget ato bahkan bisa dibilang setahun sekali.
          Alah, whatever lah pokoknya aku harus cari tau sebab musabab ato dalam bahasa padang pasir “asbabun nujul” mengapa anton gak seperti biasanya. Karena walo bagaimanapun anton kan temen aku yang paling bisa ngertiin aku, jadi aku juga harus bisa ngertiin dia dong biar sama-sama impas. Tapi apa ya…? Penyebab anton kok bisa murung kayak gitu sampe-sampe lupa mandi and lupa sisiran, padahal kan biasanya anton paling anti dengan rambut yang acak-acakan. Kantong disaku celananya aja bukannya berisi dompet, malah berisi sisir kecil buat antisipasi kalo-kalo rambutnya “out of fashion” ato kalo bahasa gaulnya acak-acakan kuadrat.
          Kebetulan jadwal kuliah aku sudah berakhir, jadi aku bisa ngobrol lebih lama ama anton. Anton yang sedari tadi tetap saja istiqomah dengan posisi duduknya kayaknya gak sedikitpun ngerespon kedatangan aku, walaupun semestinya dia harus bersyukur masih ada orang yang baik hati, pengertian, suka menolong, gak sombong dan suka menabung kayak aku, yang mau nemenin ngobrol
          “bro…, masih betah ya nongkrongnya?”.
          Pertanyaan pertama berakhir sia-sia, anton gak peduli dengan pertanyaanku, kemudian aku coba lagi bertanya dengan menggunakan bahasa inggris biar terkesan lebih lucu.
          “HELLO… any body home”.
          “eh dirimu sah, kirain monyet”.
          “astaughfirullah, kok kamu nyamain aku ama monyet sich bro,”
          “diriku gak ngomong gitu loh, dirimu ndiri yang ngomong, lagian kenapa sich sah harus kamu lagi yang datang, ternyata dunia selebar daun kelor ya, buktinya belum juga beberapa jam, eh.. kamu nongol lagi, bosen tau, kayak gak ada orang lain aja didunia ini”.
          Sekilas aku kaget dengan kalimat yang baru saja dilafalkan anton, kalo dilihat dari nada-nadanya sich kayaknya dia gak suka aku datang lagi, padahal kan aku bermaksud baik pengen nemenin dia ngobrol biar gak kayak orang aneh yang nongkrong ndirian diteras tanpa tujuan yang jelas.
          “ya dah kalo kamu bosen ama wajah aku yang ganteng ni, biar aku pulang ja, tapi jangan nyesel loh”.
          “ngapain harus nyesel, yang ada malah diriku seneng karena gak bakalan ada lagi manusia aneh yang sok baik and sok perhatian kayak dirimu”.
          “ooooo…… jadi ceritanya ngambek beneran nich, ya dah, tapi tar kalo kamu dah puas nongkrongnya and perlu something kamu tinggal miscall aku, aku pasti siap 24 jam kok buat kamu, key”.
          Ternyata PDKT yang aku lakukan buat nyari tau masalah yang sebenarnya anton rasakan “GATOT” (gagal total). Tak sedikitpun anton terbuka mengenai masalahnya ama aku, boro-boro terbuka tentang masalah, ngerasa terhibur aja gak. Tapi aku tetap berusaha pengen tau permasalahan yang sebenarnya anton alami, bahkan aku ngerasa lebih penasaran lagi and udah gak sabar lagi pengen tau yang sebenarnya.
          Karena aku gak satu kontrakan ama anton jadi sulit sekali bisa memantaunya secara langsung, tapi aku gak pernah ngerasa putus asa apalagi nyerah begitu saja, sesuai dengan nama panggilanku “asah”. Rugi dong kalo kemudian temen-temen aku manggil aku asah tapi akunya ndiri cepet putus asa, setidaknya itu bisa memotivasi aku untuk tetap semangat and “ca you”.(ca you itu adalah bahasa mandarin yang artinya juga semangat)
          Hari itu juga aku balik lagi kekontrakannya anton, kali ini dengan tipe PDKT yang berbeda, aku tau pasti dikamar anton banyak sekali kue-kue enak, karena baru aja dia dijenguk mama papanya. Makanya aku kesana bukan dengan tujuan untuk ngerayu dia supaya curhat tentang masalahnya, tetapi lebih dari itu aku juga berharap bisa maem kue gratis khas probolinggo. (two in one gitu loh) ato bahasa gampangannya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Kebetulan aku masih belom memanjakan cacing-cacing dalam perut aku yang sudah mulai menggelar konser besar-besaran kayak malam penganugrahan insan perfileman Indonesia yang biasa disiarkan disalah satu stasiun televisi swasta dengan begitu meriah dan semaraknya.
          Sesampainya dikontrakannya anton ternyata tak sedikitpun prediksi aku meleset, anton masih saja nongkrong diteras depan kontrakannya. Sebenarnya sich aku agak malu juga dikit, takutnya dia ngatain aku lagi seperti pada waktu aku menghampirinya sepulang kuliah tadi pagi. Tapi gak papa lah, aku tidak boleh menyerah sebelum berperang, masalah dicuekin ato diejekin lagi udah konsekuensi yang harus berani aku ambil. Palingan juga dia ngatain bahwa aku ngebosenin atau paling parah mungkin dia akan ngusir aku. Yang penting kan aku coba dulu siapa tau berhasil and aku bisa maem siang gratis, mumpung lagi bokek tanggal tua belom kiriman.
          “Sorry bro, aku datang lagi coze ada yang ketinggalan tadi dikamar kamu waktu aku pulang dari kuliah”.
          Lagi-lagi prediksiku gak  salah, anton gak ngegubris aku sama sekali, tapi dengan kecerewetanku aku coba ngeluarin jurus pamungkas.
          “o ya ton, tadi aku liat banyak sekali kue dikamar kamu, bai de wei boleh gak aku minta, tapi kalo kamu gak ngasih juga gak papa kok, lagian kebetulan aja aku liat pas waktu aku ngambil buku aku yang ketinggalan dikamar kamu”.
          Ternyata jurusku barusan bener-bener ampuh walaupun aku tau anton itu bukan tipe-tipe cowok yang pelit, dia ngijinin aku ambil kue dikamarnya walaupun dengan intonasi yang datar tapi aku tau and yakin seratrus persen kalo sebenarnya anton ikhlas ngasihkan kue-kuenya ama aku.
          “ya dah, dirimu ambil ja ndiri, tapi jangan diambil semua ya, sisain buat diriku dikit, biasanya perut dirimu terbuat dari karet, gak pernah kenyang makan sebanyak apapun”.
          “ye ileh, ni orang niat ngasih pa gak sich sebenarnya” (tanyaku dalam hati).
          Satu kalimat udah terucap dari mulut baunya anton yang belum sikat gigi mulai dari tadi pagi,selanjutnya aku ngusahain cari bahan pembicaraan yang nyantai tapi seirus supaya dia gak ngerasa sedang dimata-matai ama aku.
          “bro, aku bisa pinjem uang kamu gak, kamu kan baru aja dijenguk ma ortu kamu nich, kebetulan aku belom kiriman, tar kalo aku dah kiriman pasti aku ganti, tenang ja, gimana…………..?”.
          “dirimu tu ya, selain ngebosenin ternyata juga nyebelin, mang dirimu butuh uang berapa?”.
          “sedikit kok bro Cuma 150 ribu doang”.
          “ ya dah, tapi tar ya uangnya, coze diriku lagi males beranjak nich”
          “ngomong-ngomong soal males, kamu tu gak masuk kuliah apa karena males beneran,…… apa…….. apa sich?”.
          “diriku kan dah bilang kalo aku lagi males, lagian dirimu kok segitunya sich pertanyaannya, kayak mau ngintrogerasi narapidana aja”.
          Kayaknya anton bener-bener lagi gak mood, akhirnya aku putusin tuk pamit ja, dari pada aku jadi bulan-bulanan cacian dan makiannya. Setelah mengambil kue dari kamar anton aku langsung angkat kaki dan hengkang dari hadapannya. Sedikit sudah aku bisa tau masalah anton, tapi aku masih bingung, kalo memang anton males kok sebegitu lamanya sich, padahal kan menurut penelitian seorang ahli psikiater batas orang ngerasa males gak sampe melebihi berjam-jam, tapi bisa saja tipe malesnya anton kayak tipe HP yang sering berubah-ubah.(who knows).
          Ditengah-tengah perjalanan pulang aku ingat satu hal yang tertinggal dikamarnya anton yaitu HP aku, terus terang aku ngerasa gak enak harus kembali lagi kekontrakannya apalagi harus lewat didepan anton, bisa-bisa aku jadi kayak kota hirosima and nagasaki yang terkena bom pada waktu perang dunia kedua beberapa dasawarsa lalu, untungnya aku gak pernah kehabisan ide, sedikit aku belokkan arah 30 derajat kearah kanan selanjutnya menuju kesebuah warung telkom (wartel) dan pura-pura telpon, padahal aku mencet nomor HP aku ndiri, berulang kali aku coba miscall HP aku kurang lebih 7 kali, aku anggap 7 kali miscall sudah mewakili untuk mengambil HP aku dikamarnya anton.
          Sembilan menit lebih tiga detik aku nyampe lagi kekontrakannya anton, dasar orang aneh masa HP aku berdering berkali-kali tapi gak diangkat, inisiatif dikit kek, ato setidaknya kaget kek dengan suara dering HP merah hatiku.
          “sorry bro tadi HP aku ketinggalan dikamar kamu, Swer”.
          “tadi ada yang ketinggalan, sekarang masih ada yang ketinggalan lagi, sebenarnya mau dirimu itu apa sich, dirimu senaja ya mo buat aku kesel, ato dirimu ngajakin berantem;;;?”.
          Aduh, anton kok sebegitu marahnya ya ma aku, padahal kan HP aku bener-bener ketinggalan, kalo sudah begini bahayanya sich aku juga agak ciut, ternyata si singa masih belum jinak, tapi gak papa ah, pokoknya aku harus ambil HP aku, enak saja mau ditinggal dikamarnya anton, tar kalo ada orang yang telpon ato sms aku kan bisa berabe, aku kan selebritis kampus jadi pasti ada aja SMS yang masuk ato sekedar miscall misscoll dari fans-fans beratku.
          “e…e…e..e, aku gak bohong kok bro, HP aku bener-bener tertinggal, tadi pas kamu nyuruh aku ambil kue dikamar kamu, kalo kamu gak percaya kamu aja yang ambilkan dikamar kamu”.
          “enak aja, yang punya HP siapa? Kok malah nyuruh diriku yang ambilkan, ya dah cepetan ambil gi”.
          “thanks ya bro”.
          “alah, udah gak sah thanks thanks,. Cepat ambil HP kamu..”.
          “oooo…. jadi ceritanya kamu beneran marah ma aku ya, oke, kalo gitu terima kasih atas kuenya and anggap ja ni terakhir kalinya aku kekontrakan kamu, aku gak yangka ternyata kamu yang aku anggap sebagai temen baikku ternyata tak sedikitpun kamu hargai usaha aku ngehibur kamu”.
          Saat itu emosi aku gak kekontrol, aku jadi naik pitam dan bener-bener sakit hati and terbawa perasaan atas semua kata-kata dan perlakuannya anton, tanpa basa-basi aku ambil HPku dan senaja meninggalkan kue yang diberi anton diatas tempat tidurnya coze pantang bagiku nerima pemberian orang yang jelas-jelas and nyata-nyata gak seneng dengan kehadiranku. Parahnya anton gak ngerasa kalo dia sebenarnya bersalah ma aku dan dengan begitu santainya dia membiarkan aku pergi.
          Memancing di air yang keruh, mungkin itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan nasib aku pada waktu itu, awalnya aku berharap dengan aku melakukan semua itu anton bisa terbuka ma aku, tetapi hasilnya nihil, tak sedikitpun dia ngerasa kalo aku bener-bener peduli ama dia. Sebaliknya, dia malah sinis ama aku and pupuslah sudah harapanku untuk bisa makan kue khas probolinggo.
          6 jam sudah aku emosi ama anton, aku berharap itu hanyalah emosi sesaat yang suatu saat akan baik dengan sendirinya, akan tetapi aku tetap gak bisa terima atas perlakuannya anton, sempat aku berpikiran negatif terhadap anton, aku berpikir mungkin anton gak main-main kesel ama aku, tapi apa…? Aku ndiri gak tau apa salahku, ah, biarlah sebagai orang yang masih waras aku yang mengalah, tapi gak mungkin bagiku untuk minta maaf duluan ama anton, gengsi kan kalo aku harus minta maaf duluan, yang ada seharusnya dia dulu dong yang minta maaf ama aku.
          Seharian itu baik aku and anton gak saling kontak atopun SMS, aku tetap berusaha jaim karena aku ngerasa gak pantas untuk dipersalahkan dalam hal ini, masalah anton, biarin aja dia ngambek ato kesel ama aku, tar juga kalo dah puas dia akan pulih dengan sendirinya. Al-hasil tak satupun dari kami yang minta maaf duluan.
          Jarum jam menunjuk keangka 15.30, itu artinya udah 6 jam 30 menit aku diem-dieman ama anton, no SMS, no calling, no meeting, and no everything. Aku sich berharap anton SMS aku and bilang sorry, masa` sich dia gak punya hati tuk sekedar bilang sorry kayak lagunya slank “bilang sorry”. Dasar, namanya juga anton (anak beton) mungkin hatinya juga sekeras beton kali.
          Tiba-tiba salah satu temen yang kebetulan satu kos ma aku tapi Cuma beda kamar doang, teriak manggil nama aku. Sebut saja namanya hadi walaupun sebenarnya nama lengkapnya M. Arif Budiman, entah ilham dari mana kok boro-boro dipanggil hadi, gak nyambung banget kan.
          “asah, HPmu bunyi tu, mungkin ada SMS ato mungkin ada yang telpon kamu”.
          Bergegas aku masuk kekamar dari kursi yang ada didepan kos. Kuraih Hp ku and ternyata memang ada SMS masuk, dengan begitu PDnya aku menanam keyakinan bahwa pasti SMS itu dari anton yang pengen bilang sorry coze telah nyuekin and ngejekin aku. Setelah aku buka ternyata SMS itu dari orang rumah yang sekedar iseng nanyain keadaan aku dimalang. Selanjutnya untuk SMS yang kedua juga bukan dari anton, tapi dari nomer baru yang gak aku kenal sebelumnya. Kalo gak percaya ini aku tunjukkin isi SMSnya
          “sore mas asah btw, gi ngap, ma sap, diman. Gpl”.
          Pengirim:
          +6285649671561.
          “dari sapa sah, dari doi ya…?”. Tanya hadi yang memang selalu berusaha pengen tahu urusan orang lain gak jauh beda ama sifatnya anton.
          “kamu tu ya….. pengen tau aja urusan orang lain, sekali-kali gak nanya kenapa sich, gak enak ya”.
          “alah, gitu aja kok marah perasaan sudah sering kok aku nanya kayak gitu ma kamu, tapi kamu kok nanya nya baru sekarang”.
          Terus terang aku memang masih terbawa emosi waktu dikontrakannya anton barusan, aku masih bingung aja dengan sikapnya anton yang super aneh and super ngebetein sampe-sampe hadi jadi sasaran emosi aku. Untungnya hadi gak nanggapin pertanyaanku dengan emosi juga jadinya dia gak tau kalo aku lagi emosi, dia Cuma bilang
          “asah, kamu lagi dapet ya…?”.
          lagi-lagi aku terlalu tergesa-gesa dalam menyimpulkan sesuatu, aku gak mikir kalo hadi itu bukan anton, yang ada dalam pikiranku pada waktu itu hanyalah, bahwa hadi itu sifatnya sama persis ama anton, kamu bayangin aja masa` aku dibilang lagi dapet, mang aku cowok apaan, cocek (cowok cewek alias banci kaleng). Banci kaleng aja gak mungkin datang haid. Seketika itu laksana petir menyambar aku langsung skak kalimat hadi yang dengan tanpa perasaan bersalah bilang kalo aku lagi dapet. Aku bilang ma hadi
          “sekali lagi kamu bilang kayak gitu, awas kamu, emangnya kamu dah bosen hidup?”.
          Jujur, setelah mengancam hadi dengan kalimat seperti itu aku ngerasa gak enak hati and sungkan ma hadi, sebenarnya aku gak bermaksud sedikitpun bilang seperti itu, tapi mungkin saat itu efek dari aku kesel ama anton kebawa sampe kekosan and akhirnya menimpa hadi.
          Pada dasarnya hadi itu baik dan gak pelit, sama sekali gak pelit. Dia mau berbagi apa aja yang dia punya mulai dari makanan hingga pakaian yang dia punya pun gak papa kalo aku pake. Dasar akunya aja yang gak nyadar ngomong ngelantur kayak tadi. Yang lebih parah lagi sampe sekarang aku belum minta maaf ama hadi atas perbuatanku, aku sich berharap dia mau maafin aku walaupun aku belum minta maaf secara langsung ama dia karena 2 bulan setelah kejadian itu aku pindah kos and udah jarang ketemu ma dia lagi. Doain aja ya shobat……….




















Selasa
          Satu hari sudah aku gak ngobrol ama anton. Sekarang hari selasa and seperti pada hari-hari biasanya aku punya amanat and tugas dari orang tua untuk kuliah. Pada waktu dikampus aku ketemu ama si anak beton. Penampilannya sich gak berbeda dari yang dulu-dulu, Cuma yang keliatan beda dari yang kemaren adalah sifatnya, kalo kemaren dia lebih banyak murung and cendrung ekslusif, tapi sekarang wajahnya udah gak mendung lagi. Pengennya sich aku hampirin dia tapi tiba-tiba aja aku inget ama komitmen aku untuk gak nyapa dia duluan, akhirnya aku urungkan niat and pura-pura gak tau aja kalo dia ada didepan aku.
          Usaha aku ternyata berhasil sukses, aku berhasil gak nyapa dia duluan, tapi yang amat menyedihkan dia juga gak nyapa aku and kayaknya gak ada sedikitpun usaha dia untuk nyapa aku. Laksana api ketemu api, aku dan anton saling cuek satu sama lain selama kuliah berlangsung. Sebenarnya gak enak juga sich kalo aku harus mendadak berubah dari yang awalnya cerewet jadi cowok alim and pendiem, tapi gak papalah, namanya juga tuntutan profesi.
          Sepulang kuliah, aku sempatkan diri baca pengumuman dimading yang terletak diantara lorong pembatas antara fakultas pertanian dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Nah fakultas yang disebutin kedua itu adalah fakultasku and jurusan yang aku ambil adalah konsentrasi bahasa inggris. Disana aku ketemu lagi ma anton yang sedang jalan kaki dari arah utara menuju kearah dimana aku membaca pengumuman.(ayo tebak, kalo anton berjalan dari utara and menuju kearah aku, berarti aku ada di sebelah mana dong, barang siapa yang bisa jawab berarti dia gak oon-oon banget).
          “Alah, gak bakalan anton nyapa aku, ya udah dari pada aku dikirain nungguin dia lebih baik aku pulang aja”
          Tekadku sudah terlalu bulat untuk tetap mempertahankan komitmenku, ibarat bola nich, tekadku masih jauh lebih bulat dari pada bola itu. Biarin aja aku gak kenal lagi ma anton, emang dia kira orang yang bisa ngertiin aku Cuma dia doang, masih banyak kok temen-temen lain yang mau berteman denganku walau gak sepengertian anton.
          Mulai detik itu juga komitmenku naik drastis delapan puluh lima derajat, aku putusin untuk tidak lagi ambil pusing dengan sikapnya anton yang cuek bebek kayak gitu ketika bertemu ama aku. Belum lama mikir yang jelek-jelek tentang anton, tiba-tiba anton SMS aku and dia nyuruh aku kekontrakannya, kayaknya aku termakan omonganku sendiri, ternyata anton gak seburuk yang aku pikirkan, tapi kalo memang anton mo baikan ama aku kenapa gak dari tadi dia nyuruh secara langsung sewaktu dikampus.
          Demi sebuah temen yang sangat pengertian kayak anton, aku rela panas-panas pergi kekontrakannya. Sayangnya nyampe disana aku gak ketemu ama anton, dia Cuma nitip plastik hitam kepada salah seorang temen sekontrakannya yang berisi kue yang aku tinggalkan diatas kasurnya waktu ngambek kemaren. Kirain anton mau minta maaf ama aku and mau baikan lagi ama aku, ternyata gak, tapi ngomong-ngomong anton kemana ya kok dititipin ma temennya?. Tanya ama temennya aja ah….
          “mas, antonnya mana?”.
          “mas anton lagi kewarnet, dia Cuma nitipin ini buat temennya yang bernama asah, nama sampean asah kan?”.
          “ya, namaku asah, ya udah, kalo gitu bilang ama anton terima kasih”.
          Harapan agar aku bisa baikan lagi ama anton tidak sepenuhnya tercapai, anton gak ada dirumahnya ketika aku kekontrakannya. Tapi setidaknya anton udah ngasih sinyal untuk mengakhiri permusuhan kita. Positif thinking aja. Karena anton udah SMS aku duluan berarti ada indikasi kalo anton gak mau musuhan ama aku, itu artinya secara tidak langsung anton minta maaf ama aku duluan and artinya juga aku berhasil dong jaga imej untuk gak nyapa duluan. Aku kirim SMS ama anton aja ah, aku Cuma pengen tau aja sebenarnya apa sich yang membuatnya bete abizz kemaren.
          Balasan SMS dari anton sangat simpel, dia bilang kalo kemaren itu dia gak sedang ada masalah, Cuma males aja and yang lebih parah ketika aku Tanya apakah dia gak ngerasa sedih ato nyesel waktu aku nyuekin dia selama satu hari, dia malah ngejawab SMSku kayak dibawah ini
“prsaan, driku gak ngrasa dicuekin ma drimu,”.
Dasar sianak beton, aku sudah capek-capek mempertahankan komitmen untuk tidak nyapa duluan, eh dianya malah gak ngerasa musuhan ma aku. Dengan sedikit kecewa aku baca SMS dari anton. Mau disimpen dimana ya muka aku kalo ketemu tar. tapi kok bisa ya dia gak ngerasa dicuekin ama aku padahal aku kan dah ngatain dia dengan kata-kata yang nyelekik hati. Berarti selama ini aku aja yang ngerasa gitu ama anton.
Sesuai dengan jadwal dihari selasa, setelah sholat dzuhur tar ada kuliah lagi. Aku pasti ketemu dong ama anton, apa aku gak kuliah aja ya…., malu kan kalo aku harus ketemu ama anton yang gak nganggap aku musuhan ama dia, ah just ignore it, ngapain juga aku harus malu, dari pada aku gak masuk kuliah kasian orang tuaku kan yang telah susah payah nyariin uang kuliah buatku, masalah anton mah cuek aja.
          Jam kuliah pun dimulai, sesuai dengan rencana awal aku gak bakalan akan ngerasa malu ama anton, anggap aja semua itu angin lalu, meski sebenarnya sulit sich ngilangin itu semua, al-hasil anton gak memang gak ngungkit-ngungkit masalah hari senin kemaren. Dia Cuma nanya kenapa kuenya ditinggal dikamarnya. Sepontan aku jawab aja pertanyaan anton, aku bilang aja kalo kemaren itu aku lupa mau bawa.
          Satu masalah telah terselesaikan dengan baik, ternyata anton gak marah ama aku, itu berarti aku gak akan kehilangan temen yang pengertian banget kayak anton. Oh ya… aku hampir lupa, anton itu adalah temen aku asal probolinggo, dia orangnya baik and seperti yang pernah aku bilang bahwa dia itu adalah satu-satunya orang yang bisa ngertiin aku, kalo aku lagi ngerasa bete dia selalu ngelucu buat aku, kalo aku butuh bantuan, dai selalu ada buat nemenin aku, tapi Cuma satu yang masih belum aku dapatkan dari dia, kalo aku butuh uang, dia gak pernah ngasih uang buat aku, yang ada dia malah ngasih utangan.
          Suatu hari, pas aku lagi deket-deketnya ama anton, aku denger gosip miring tentang kedeketan kita, ada orang iseng yang ngegosipin bahwa aku ama anton ada hubungan terselubung. Si orang iseng itu ngatain kalo aku ama anton adalah sepasang gay yang suka sesama jenis. Kamu tau kan apa artinya itu semua ato biar kamu gak bingung aku jelasin lagi bahwa gay itu sinonim dengan homo. Tentunya kamu gak mau kajn dibilang begituan. Masalah siapa orangnya yang ngatain itu kayaknya dia gak terlalu penting untuk dimasukkan kedalam novel ini, tar malah nambah panjang isi cerita and malah nambah mahal harga beli novel ini. Otomatis aku kaget and agak gak terima aja atas kata-kata orang iseng itu, bahkan anton pun juga ngerasa terusik dengan gossip murahan itu.
Akhirnya aku ama anton samperin itu orang iseng and jelasin yang sebenarnya. Aku bilang ama dia kalo kedeketan kita itu bukan berarti kedeketan intim yang vulgar and berakhir pada istilah suka sesame jenis. Sedangkan anton bilang ama itu orang iseng, anton bilang
  “tolong jaga mulut mas ya….. masalahnya kalo omongan mas itu gak terbukti kasian kan ama wajah tampannya mas”.
Singkat, padat and jelas, itulah yang diucapkan anton tepat didepan wajah orang iseng itu, kalo diartikan secara literlek sich kata-katanya anton itu mengandung makna tersirat and tersurat, tersiratnya bahwa secara tidak langsung anton memberi isyarat lampu merah ama orang iseng itu untuk tidak lagi mengulang kata-katanya. Adapun makna tersuratnya ya…anton Cuma pengen negesin aja kalo kedeketan kita itu sama kayak kedeketan pertemenan orang lain gak lebih.
Tu kan, cerita sedikit aja tentang orang iseng itu udah menghabiskan dua paragraph, apalagi diceritakan secara mendetail, mungkin satu rem kertas A4 80 gram gak cukup. Makanya biar gak terlalu bertele-tele kita lupakan aja orang iseng itu, anggap aja sekedar intermeso biar otot –otot saraf kamu gak terlalu tegang membaca novel ini. Gimana sepakat kan, pastinya dong.
Sesuai dengan kesepakatan sekarang aku lanjutin aja cerita aku ama anton, tapi sebelum dilenjutin, kamu jangan nyangka yang bukan-bukan tentang aku and anton. Kelanjutannya gini, setelah kesalahpahaman antara aku and anton kita jadi seperti biasa lagi, pas malem rabu jam 18.00 anton SMS aku, dia mo ngajakin kewarnet, tengah malam nanti, aku sich sebagai temen baiknya sama sekali gak nolak mengingat aku memang sama sekali gak bisa ngoperasiin internet, siapa tau dengan aku ikut anton aku bisa sekalian belajar ngernet, gak lucu kan kalo mahasiswa semester IV kayak aku gak bisa main internet, apa kata dunia.
Sebelum berangkat kewarnet anton sudah ada dikosanku, sembari menunggu tengah malam kita berdua ngobrol masalah mata kuliah, nah…sebenarnya sich aku paling emoh kalo disuruh ngobrol masalah kuliah coze kayaknya terlalu formal and biasanya setelah ngobrolin kuliah endingnya pasti ngantuk berat. Kalo boleh milih sich…., aku lebih baik milih disuruh kerja dari pada ngobrol gituan (mata kuliah).
Tapi ya…. Mau gimana lagi sebagai ahlil bait aku harus fair dong ama tamu aku yang konon katanya orang-orang dijaman maja pahit dulu tamu adalah raja. Jadi suka atau tidak suka aku suka-sukain aja dari pada bengong gak ada bahan pembicaraan.
“sah, dirimu tadi ngerti gak mata kuliah linguistic?”
“masalah itu mah jangan ditanya, sama sekali aku gak ngerti coze dosennya terlalu cepet ngejelasinnya”.
“sama, diriku juga gak ngerti, sebenarnya tadi itu ngebahas masalah apa sich, ada phonem lah, morpheme lah”.
“nah itu dia yang aku gak ngerti, mendingan kamu masih inget istilah-istilahnya, lah aku…. Blas gak inget”.
“gimana tar kalo ujian ya….. jangan-jangan didisi ngaur”
“tenang ja, kan masih ada yuli, dia kan pinter kalo masalah-masalah gituan, jangankan linguistic, structure ja bisa dia babat abis”
“dirimu tu ya…, kok bisa-bisanya ngandalin orang, ingat lo orang tua kita itu udah ngeluarin uang banyak buat ngebiayain kita kuliah”
“terus mau gimana lagi, aku kan memang bener-bener gak ngerti, kata pepatah kan otak kita gak boleh terlalu dipaksa untuk mikir hal-hal yang terlalu berat, tar malah stress and gak bisa diajak mikir lagi”.
“alah, bilang aja kalo dirimu itu males belajar, mo bilang gitu aja kok masih muter-muter”.
Gak terasa 2 jam tiga belas menit sudah kita ngobrolin masalah kuliah mulai dari cucu sampe embah-embahnya. Seperti yang aku bilang barusan, setiap selesai ngobrol masalah kuliah bawaannya mesti ngantuk melulu, mungkin sudah bawaan orok kali. Untungnya dikosan aku ada televisi 14 inc, yang kira-kira sudah berumur puluhan tahun yang masih setia nemani malam-malam minggu kelabuku. Ya dah aku turn on aja televisi tua itu sekedar ngilangin rasa kantuk. Nyampe jam 10 malem kita break nonton televisi and ngelanjutin rencana pergi kewarnet. Mau cari apa diwarnet, aku juga gak tau, yang aku tau anton ngajak aku and minta temeni ngernet aja.
Sesampainya diwarnet lilo depan gang X, antrian pengguna warnet terlihat panjang melebihi panjang nyanyian yang berjudul ular bnaga panjangnya, sebagai warga Negara yang baik dan taat hukum tentunya kita juga ngantri coze gak ada perbedaan antara aku ama pengguna warnet yang lain, kita semua sama-sama manusia yang mempunyai hak asasi, jadi gak boleh saling mendahului. Sitengah-tengah antrian sang operator warnet mengajak anton bicara
“mas anton nya antri diatas no 22 kan?”.
“iya mas, tapi masih lama gak?”
“wah, kalo itu aku kurang tahu juga mas”.
Sebentar aku terdetak kagum kepada anton coze dia sudah kenal sekali dengan operatornya, bahkan operator warnet itu sudah bisa melafalkan nama anton dengan faseh, baik dan benar. Itu tandanya bahwa anton merupakan pelanggan setia warnet lilo. Satu lagi yang membuat aku kagum ama anton ternyata operator itu tidak hanya tau namanya doing, melainkan operator itu juga sampai hafal dengan no urut internet yang memang sudah dipeta-petakan.
Kurang lebih 1 jam kita menunggu giliran menggunakan internet, finally tiba juga saatnya kita make internet. Seolah-olah sangat faham dengan denah warnet lilo, anton berjalan menuju internet no 22 dengan posisi muka merunduk dan sama sekali tidak cangggung.
“sah, dirimu kok ngikut aku sich, ngantri ndiri dong”
“Jedak……apa…. Aku kan gak bisa ngoperasiin internet, makanya aku mo belajar ngernet ama kamu”
“aduh, dirimu itu gimana sich, ya gak bisa sekarang lah, coze diriku mo chatingan”.
“ya dah, kalo gitu aku aku ngelihat kamu chatingan aja”.
“e,,,,e,,,e,,,gimana ya…..sorry sah kursinya Cuma satu jadi dirimu gak bisa duduk”
“terus gimana dong?”.
“dirimu tunggu diluar aja ato kalo dirimu ngantuk, pulang duluan aja, diriku gak apa-apa kok”.
“kamu gimana sich ton, katanya mau ditemenin”.
“diriku nyangkanya dirimu juga bisa ngernet makanya diriku nagajakin dirimu, sorry ya sah…..”.
Aku sangat kesel ketika anton menyuruhku pulang duluan, kalo tau begini, gak mungkin aku mo diajak kewarnet. terpaksa aku pulang dengan wajah nguring-nguring. Tak sedikitpun terlintas dipikiranku kalo ternyata anton Cuma minta ditemenin doang.
Ya udah, mau gimana lagi, toh gak ada gunanya juga aku nungguin anton diruang tunggu sementara dianya enak-enakan ngernet, mau ngeliat dia chatingan juga gak mungkin coze kursinya terbatas Cuma buat satu orang. Kalo sudah begini masalahnya, aku pulang aja tidur.
Bodohnya aku, aku baru ingat bahwa tadi pas waktu diwarnet aku ngelihat ada satu internet yang berisi dua orang, tapi anton kok bilang gak bisa buat berdua ya. Oh iya…..tadi kan juga ada tumpukan kursi plastik dipojok tangga, mungkin itu kursi yang dikhususkan untuk para pengguna internet yang pengen berduaan.
Mau balik kewarnet udah tanggung coz seperempat jalan lagi aku nyampe kosan aku, karena tanggung aku putusin untuk tidak balik lagi kewarnet, besok-besok kan masih ada waktu buat ngernet. Sekarang aku tidur aja biar besok gak ngantuk dikelas.
Sebelum tidur, seperti biasanya aku cuci kaki, tangan dan gosok gigi terlebih dahulu, aku liat jarum jam bergerak mendekati angka 12 P.M ato 24 A.M. selanjutnya aku ganti pakaian and sholat isya. Niatnya sich mo sekalian sholat hajad, tapi kayaknya mataku sisa 2 wat, aku gak kuat lagi menahan kantuk, jangankan sholat hajad untuk pake autan aja aku gak kuat lagi, sampai-sampai aku tertidur dengan tetap berpakaian rapi ala islam lengkap dengan kopiah and sajadahnya. Tapi sekantuk-kantuknya aku masih sempat membaca doa sebelum tidur biar tidurku bisa nyenyak dan gak mimpi yang aneh-aneh. Selain itu katanya orang doa sebelum tidur bisa bikin kita bermimpi ketemu nabi, bayangin aja, selama ini kan kita belum pernah tau ato berpapasan langsung dengan sang revolusioner islam sejati yaitu nabi Muhammad, jadi aku gak mo nyia-nyiain kesempatan itu dong, lagian gak ada salahnya kan kita punya cita-cita pengen ketemu Nabi meski hanya dalam mimpi. Jarang-jarang loh.














Rabu
Selamat pagi hari rabu, alhamdulillah aku masih bisa menikmati sejuknya suasana pagi, alhamdulillah aku masih bisa menyaksikan betapa indahnya pemandangan dipagi hari, alhamdulillah aku masih bisa mendengarkan kicau burung dan kokok ayam dipagi hari, betapa senangnya aku bisa beraktivitas kembali seperti hari-hari sebelumnya. Sebentar lagi aku punya jadwal kuliah, kebetulan dihari rabu memang jadwal kuliahku padat mulai pagi sampai sore hari, hanya saja waktunya tidak beruntun. Perasaan kecewa masih menyelimuti hatiku gara-gara kejadian tadi malem. Aku kecewa ama anton yang tidak mau mengajariku mengoperasikan internet. Belakangan memang aku melihat gelagat aneh dari anton. Akan tetapi sebisa mungkin aku tetap berprasangka positif tentang anton coze aku yakin bahwa sepandai-pandainya orang menyimpan bau busuk pasti akan ketahuan juga, so tunggu aja tanggal mainnya.
Sesaat setelah mandi, aku bergegas menuju kampus hijau, dari kejauhan tampak temen-temenku duduk nyantai didepan gedung C. aku lihat jam melalui HPku, jam menunjukkan pukul 07.04, seharusnya temen-temen sudah duduk manis dikelas untuk menerima mata kuliah, tapi kok malah leyeh-leyeh. Kayaknya dosennya gak ada tuh. Syukurlah kalo memang dosennya gak bisa masuk coze aku belum mengerjakan tugas.
Diantara sekian banyak temenku, tidak nampak anton ditengah-tengah mereka, satu persatu aku absent temenku,  ternyata anton memang tidak ada, itu orang pasti ketiduran coze tadi malem ngernet sampe larut , aku coba miscall ah, siapa tahu dia bener-bener ketiduran mumpung dosennya belum datang. Berulang kali aku coba miscall dia, gak juga ada balasan. Sementara itu satu persatu temenku mulai beranjak pulang. Ya udahlah mungkin dosennya gak ada.
Aku harus kemana ya…..? gak enak nich harus kekontrakannya anton pagi-pagi begini, alah, no problem, no problem, ngapain juga aku harus ngerasa gak enak, aku kan gak punya niatan jelek, apalagi dalam agamaku silaturahmi antar sesama muslim itu wajib hukumnya, so take it easy….aja. tanpa salam aku langsung nyerobot masuk kekamarnya anton, disana aku lihat komputernya masih bernyawa tanpa suara, hanya sesosok cewek seksi sebagai tampilan wallpaper. Disana aku juga mencium bau aneh kayak bau sperma gitu. Semakin lama aku semakin yakin kalo bau yang berasal dari atas kasur anton itu adalah bau sperma. Pasti anton lagi mimpi basah, pantes aja dia gak bangun-bangun, mungkin mimpinya masih belom selesai kali.
Sementara itu anton masih terlelap tidur, sebenarnya aku mau membangunkannya, tapi aku gak tega coze aku tau ndiri anton tadi malem ngelembur diwarnet, jadi maklum lah kalo dia kesiangan, tapi semoga aja dia sudah sholat shubuh dulu sebelum tidur.
Aneh bin ajaib, mulanya aku yakin kalo anton itu lagi mimpi basah, tapi setelah aku liat sarungnya gak ada tanda-tanda kalo dia lagi mimpi basah, biasanya kan mesti ada tanda basah menyerupai pulau-pulau gitu, tapi ternyata sarungya anton fine-fine aja. Jangan-jangan anton …..bla…..bla……bla, tapi gak mungkin lah, mana mungkin anton melakukan onani, dia kan tipe cowok yang rajin sholat and rajin beribadah.
Sebangunnya anton dari tempat tidurnya, aku sapa dia dengan sapaan yang akrab layaknya seorang ibu yang menyapa anaknya yang baru terbangun dari tidur dengan sapaan selamat pagi sayang, begitu pula yang aku lakukan ama anton aku sapa dia dengan sapaan
“met pagi bro….., gimana tidurnya?, nyenyak gak?, oh ya, kayaknya kamu mimpi indah ya?,,,,bai de wei mimpi apa sich?”.
“ eh,dirimu sah, udah dari tadi ya disini?”
“ni orang ditanya kok malah balik nanya, aku kan nanya kamu gimana tidurnya. Kalo aku sich dari tadi udah ada disini nungguin kamu ampe tandus and gersang”.
“lagian sapa suruh dirimu nungguin aku, tapi gak papa juga sich, diriku kan raja yang memang perlu ditunggu biar gak da gangguan dari orang tak dikenal”.
“raja dari hongkong, kebetulan aja tadi gak ada dosen, makanya aku kesini sekalian mo minta uang yang aku pinjem hari senin yang lalu”.
“oo… jadi dirimu mo ngambil uang, ngomong dong dari tadi, tapi tunggu bentar ya diriku mo mandi dulu…sekalian tar diriku mo ngomongin sesuatu ama dirimu”.
“ya udah dech, karena aku yang butuh ya…ch terpaksa, sebenarnya sich sampai tujuh turunan siapa juga yang mo nunggu orang mandi. ge pe el ya…, coze pekerjaan yang paling membosankan itu adalah menunggu”.
“siap bos”.
Selama proses penantian, aku mengutak-atik komputer milik anton. Sebenarnya sich aku gak terlalu jago kalo udah dihadapkan pada urusan elektronik, tapi aku tetep PD klik kanan and klik kiri dengan modal bonek (bondo nekat). Semua menu yang ada dikomputer aku coba dan sampai pada akhirnya ketika aku klik data F distart menu, tiba-tiba muncul gambar-gambar setengah vulgar jumlahnya kurang lebih 23 model.
Innalillahi wainna ilaihi rojiun, dasar jiwa muda, bawaannya ngeres melulu, masa` komputernya penuh dengan gambar-gambar cewek tanpa busana, seharusnya kan isinya dokumen-dokumen penting masalah mata kuliah and tugas kuliah. Ato paling tidak berisi lagu-lagu dangdut biar gak tegang and bisa rilex.


Secepat kilat aku menutup situs tersebut meskipun sempat lihat juga sich dikit ples bentar. Aku khawatir anton tahu kalo aku baru saja buka situs pribadinya, tar bisa brabe. Ditunggu-tunggu hampir setengah jam anton belum juga selesai mandi. Suara false nya terdengar dari dalam kamar mandi, dia mandi sambil nyanyi lagu yang gak jelas judulnya apaan.
Hal yang sama juga dilakukan oleh temen sekontrakannya. Dia menyanyi dengan suara lantang tetapi false juga. Jadilah rumah kontrakan itu seperti dapur rekaman yang penuh dengan suara-suara sumbang. Coba aja dikontrakannya anton ada sound lengkap dengan mic nya pasti akan tambah lebih seru.
Aku berdiri kira-kira sepuluh meter dari jarak kamar mandi, sambil mengepak –ngepak tembok aku mencoba memanggil anton agar lebih cepet lagi mandinya.
“bro… cepetan dong, kamu tu mandi apa mati sich”.
“iya tunggu bentar, diriku masih medikiur, pedikiur, tetukiur, cukiur, bentar lagi juga selesai kok, sabar ya sah, orang sabar kan disayang tuhan”.
“sabar, sabar… eh bro…dimana-mana orang medikiur, pedikiur itu tempatnya disalon bukan dikamar mandi, so gak nyambung tau`”.
“iya, iya, ni juga udah selesai kan”.
Sianak beton akhirnya selesai juga mandinya. Kalo dihitung-hitung sich dia mandi selama 53 menit. Secara normalnya sich gak ada cowok yang mandi sampe sebegitu lamanya, kecuali orang renang, itupun kalo kolam renangnya gede, kalo gak ya… gak mungkin juga selesai sampai 53 menit. Seandainya ada penghargaan mandi, pasti waktu mandinya naton tercatat sebagai pemenang nad bisa mecahin rekor MURI.
“sah, ni uangnya, tapi janji ya, tar kalo diriku butuh uang dirimu harus ganti key?”.
“kayaknya kamu kok gak ikhlas gitu pinjemkan uang ama aku”.
“diriku kan Cuma bilang kalo suatu saat diriku butuh uang, dirimu mau bayar uang yang dirimu pinjem, gak ada kata-kata gak ikhlasnya kan, dirimunya aja yang terlalu sensitif”.
“berarti kalo kamu gak butuh aku gak punya kewajiban dong buat ganti uang yang aku pinjem, gitu kan maksud kamu?”.
“LKIS (la kon iku sopo).  Ya udah, kalo dirimu gak mo pinjem ya gak papa, diriku gak rugi kok. Gimana jadi apa gak pinjem uangnya?”.
“ya ialah, bisa ji`un aku kalo gak pinjem uang dari kamu”.
Uang seratus lima puluh ribu sudah ditangan, sekarang tinggal nungguin anton cerita tentang masalahnya sesuai dengan yang dia pesan sebelum mandi.
“bro…sebenarnya kamu mo ngomong apa sich, cepetan dong, kita kan tar ada kuliah”.
“bentar dikit napa, diriku kan masih ganti baju”.
“bentarnya kamu itu sama kayak lamanya pertandingan sepak bola, jadi gak usah ngomong bentar, dari pada orang yang menunggu jadi bete”.
Aku berharap anton mau cerita tentang masalahnya pada waktu hari senin kemaren. Siapa tahu anton sudah mulai nyadar bahwa selama ini aku adalah temen terbaiknya yang harus tau semua seluk beluk masalahnya. Semoga anton bisa kebuka mata hatinya untuk menganggap aku temen baiknya seperti selama ini aku menganggapnya demikian coze memang bener anton adalah satu-satunya orang yang bisa ngertiin aku.
“ayo bro…cepetan, kamu mo cerita apa”,
“sebenarnya diriku mo cerita masalah tugas kelompok mata kuliah belajar pembelajaran, kelompok diriku siapa aja sich, and kapan presentasinya?”.

Padi kutanam tumbuh ilalang, tadinya aku berharap anton bisa cerita masalahnya hari senin kemaren, ternyata dia Cuma sekedar nanya masalah kuliah doing.
“sorry bro, aku juga gak tau siapa aja kelompok kamu, mendingan kamu Tanya aja langsung ama ketua tingkatnya, pasti dia tau”.
“kirain dirimu tahu, ya udahlah tar diriku Tanya langsung ama ketua tingkatnya”.
Apa yang terjadi sungguh diluar dugaan, semuanya berakhir sebatas dialog-dialog ringan yang kurang penting. Untunglah aku punya alasan kuliah untuk cepet-cepet pamitan.
“udah dulu ya bro, waktu kuliah udah deket nich, kapan-kapan disambung lagi key, bai de wei kamu mo berangkat bareng gak ama aku”.
“gak ach…dirimu berangkat duluan aja tar juga diriku masuk kok coze diriku mo sarapan dulu”.
“o ya udah, kalo gitu aku duluan ya”.
Sepanjang perjalanan kampus, tidak habisnya aku menggerutu tentang kejadian dikontrakannya anton. Aku kesel terus menerus harus dengerin ceritanya anton yang melulu masalah mata kuliah, emang gak ada bahan pembicaraan lain yang lebih santai, lebih bersahabat and lebih gak formal. Ketika itu muncul sesosok tubuh besar dari arah kanan, situbuh besar itu sebutlah namanya johan, membuatku kaget bukan kepayang coze aku kira dia truck yang melaju dengan kecepatan tinggi yang hampir saja mo menabrakku. Tampangnya yang sok lugu and agak imut membuatku gak jadi mo marahin dia. Malah sebaliknya, aku jadi tertawa terbahak-bahak ngeliat penampilannya yang sangat mirip dengan penjual cilok yang memakai tas bolong-bolong. Ibarat pinang dibelah dua, tidak ada perbedaan sama sekali antara keduanya.
          Entah mengapa aku terlalu terobsesi untuk menjadikan anton sebagai temen baikku, padahal johan gak kalah baiknya ama anton, hanya saja johan tidak sepengertian anton, dia cendrung mendominasi jika setiap kali ingin curhat ato cerita-cerita something. Bukan hanya itu doang, johan juga cendrung ekslusif and sedikit perfect. O ya..ngapain juga aku harus ceritain masalah johan dalam novel aku, dia kan bukan selebritis yang harus di expose masalah kehidupannya, mendingan juga ngexpose kehidupan habitat hewan buaya yang hampir punah keberadaannya. Kalo bukan kita yang ngexpose siapa lagi, orang lain? Gak mungkin lah, yang ada mereka malah menggunakan kesempatan untuk memburu dan memanfaatkan kulitnya, kulit buaya kan mahal harganya.
          Pikiran-pikiran tentang buaya itu membuatku hampir melupakan satu hal penting and wajib yang harus aku tunaikan segera yaitu kuliah. Sebetulnya aku memang senaja sedikit menceritakan tentang dunia binatang buaya, karena aku gak mau binatang tersebut menjadi langka seperti nasib singa yang sekarang ini komunitasnya bisa dihitung dengan jari. Aku kira itu adalah sebuah tragedy, tragedy yang gak pernah aku duga akan terjadi ketika aku masih berusia produktif and belum menikah, aku gak bisa bayangkan apa jadinya tar kalo aku sudah menikah and punya anak, mungkin anakku gak akan bisa lagi mengenal bentuk singa aslinya, hanya sebuah gambar dan foto-foto tak bernyawa yang tersisa sebagai sebuah bukti bahwa pada zaman dahulu pernah ada sebuah binatang yang bernama singa, dinosaurus, gajah dan lain sebagainya.
          Sesampainya dijalan raya dinoyo 193 aku teringat bahwa aku harus segera sampai dikelas sebelum mata kuliah dimulai. Rupanya johan bermaksud berangkat kekampus barenag ama aku, dia memberiku tawaran untuk sebentar menunggunya membeli pulsa diAW cell. Aku menerima tawarannya dengan sebuah syaratayaratnya sich gak susah-susah amat, johan harus beliin aku pulsa IM3 SMS yang 5.000 rupiah. Setelah mikir lebih dari dua kali, akhirnya johan ngomong juga, dia nolak syarat yang aku tujukan. Dia bilang sich , bahwa dia lagi menderita kanker (kantong kering) coze minggu kemaren johan gak pulang, padahal biasanya dia selalu pulang setiap sekali dalam satu minggu.
          Setengah jalan dinoyo telah berhasil aku sebrangi, tinggal setengah jalan kemudian. Laju deras lalu lintas disiang hari itu membuatku harus menunggu lama ditengah jalan. Terik panas matahari membuat pori-pori dikulit wajahku mengeluarkan keringat. Belum lagi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan yang berhembus kemana-mana membuat wajah gantengku nampak kusam persisi kayak orang belum mandi, padahal aku udah mandi lo sebelum berangkat kuliah barusan.
          Diseberang jalan dibelakangku, nampak anton sedang bersiap-siap untuk nyebrang, anton terlihat terburu-buru seakan-akan ada hal yang sangat penting yang dia kejar. Seperti sebelum-sebelumnya aku hanya bisa berharap hal terpenting yang anton kejar adalah aku, tapi aku tidak terlalu berharap coze aku takut harapan itu akan berakhir sia-sia dan akhirnya akan membuatku kecewa.
          Aku berhasil menyebrangi setengah jalan raya dinoyo, sedangkan anton masih berada jauh diseberang sana. Just killing time aku tunggu dia biar bisa bareng masuk kelas. Detik penantian tibalah sudah, anton juga sudah menyebrangi jalan. Tanpa komentar kita berdua melanjutkan perjalanan ke kelas.
          “sah,diri kita sekarang gak ada tugas kan”.
          “kayaknya sich gak ada”.
          “baguslah coze minggu kemaren diriku gak terlalu merhatiin penjelasin dosen”.
          “kamu dari mana aja bro”.
          “diriku tadi masih sarapan diwendis, disana diriuku ketemu ama temen diriku yang berasala dari satu SMA dulu waktu diprobolinggo jadi ya agak lamaan gitu ngobrolnya”.
          “aku kira kamu gak mo masuk kuilah lagi”.
          “ya gak mungkin lah diriku gak kuliah, diriku kan rajin. Betul gak….?”.
          “maybe yes, maybe no. bro tar malem kamu ada acara gak, kalo gak ada acara gimana kalo aku ajak kamu kewarnet ngajarin aku cara ngernet”.
          “gimana ya sah, kayaknya diriku ada acara ama temen satu kontrakan, rencananya sich, kita mo ke pasar besar”.
          “ya… gak jadi lagi dech aku kewarnet”.
          “loh….kok bisa gak jadi, dirimu kan bisa ngajak temen-kita yang lain yang bisa ngoperasiin internet”.
          “temen yang lain siapa, selama ini kan Cuma kamu temen aku yang deket ama aku”.
          “ya sorry banget sah, diriku terlanjur janji ama temen-temen satu kontrakan, kapan-kapan aja key, lagian kewarnet kan gak mesti malem, siang juga bisa kan”.
          “ya…gak papa lah, tapi kamu janji kan suatu saat mo ngajarin aku ngernet”.
          “Ok bos”.
          Obrolanku ama anton membuat kita gak terasa sudah berada pas didepan pintu kelas, didalam kelas semua temen-temen udah mulai buka-buka buku sebagai persiapan siapa ttau ada ujian dadakan ato pertanyaan dari dosen. Mereka kelihatan sangat serius membuka-buka buku kuliah. Harapanku sich mereka bener-bener serius, jangan-jangan mereka hanya buka-buka doing, sedangkan isinya gak dibaca, mubadzir kan tulisan-tulisan dalam buku itu.
          Sinyal kedatangan dosen melemah, kemungkinan besar dosennya gak bakalan datang lagi, buktinya kita udah menunggu lama tapi no one come, dengan seratus persen keyakinan semua temen-temenku termasuk juga aku pulang bergantian menuruni tangga teratas gedung A.
Berhubung sudah dua kali dihari yang sama gak ada kuliah, aku putusin untuk pergi kemasjid ainul yaqin menunggu waktu sholat coze aku paling anti untuk spent the time diperpustakaan. Jangankan untuk baca buku, lewat didepan perpus aja aku phobia coze secara tidak langsung aku harus ngeliat tumpukan buku-buku tebal dengan berbagai judul yang berbeda and itu gak aku banget.
Waktu sholat dzuhur telah berkumandang, sebagai pertandanya adalah adzan, ritual harian pun wajib tuk dilakukan. Lupakan kesedihan, satukan pengharapan, tengadahkan kedua tangan, penjarakan kemaksiatan, bebaskan keterpaksaan, satukan hati, bulatkan tekad, teguhkan iman. Loh, aku Kok jadi berpuisi sich, inikan bukan kontes penciptaan puisi, sebenarnya aku Cuma mau  menuliskan bahwa aku harus sholat coze waktunya udah nyampe, tapi malah terlalu sastra hingga akhirnya berakhir dengan bahasa puisi.
Selesai sholat aku bingung harus ngapain, mau pulang males, tapi aku gak ada temen. Lagi-lagi aku pergi kekontrakannya anton coze memang hanya dia yang bisa aku kunjungi, yang lainnya mah lewat. Perjalanan satu kilo aku tempuh untuk bisa sampai kekontrakannya anton. Alhamdulillah anton gak kemana-mana ketika aku nyampe dikontrakannya. Anton sedang rebahan didepan komputernya dengan pakaian teng top warna putih dengan kombinasi celana pendek jeans bermerk emba (salah satu merek jeans import ternama), alunan musik pop menggema dari winamp komputernya sebagai pengahtar tidur. Tepat, memang kenyataannya anton ingijn tidur coze matanya udah merem melek kayak pantat ayam yang baru buang e`e`.
“bro…. mo tidur, ya…. Tar kan kita masih punya kuliah satu lagi”.
“asah….asah… sehari gak dating kesini gak bisa ya, ganggu aja, diriku kan mo istirahat”.
“tapi tar jam setengah empat ka nada kuliah lagi”.
“diriku udah tau, mang salah kalo diriku istirahat bentar”.
“ya gak salah lah, tapi kan aku Cuma mo ngingetin kamu aja”.
“asah,. Terima kasih atas perhatiannya, tapi bukan berarti dirimu bisa ngatur-ngatur aku kan, ato jangan-jangan dirimu bener-suka ama diriku kayak yang dibilang orang hari selasa yang lalu, buktinya dirimu hampir setiap hari datang menemui diriku. Asal dirimu tau aja sah, gini-gini diriku itu masih normal and gak mungkin lah diriku suka ama dirimu”.
“astaughfirullah hal adzim bro, aku juga masih normal bro, dan asal kamu tau juga selama ini aku bolak-balik datang kekontrakan kamu bukan karena aku suka ato cinta ama kamu, melainkan karena selama ini aku menganggap kamu itu adalah temen terbaikku yang paling bisa mengerti aku, gak lebih. Jadi tolong kamu klarifikasi ulang kata-kata kamu barusan sebelum aku berubah pikiran untuk menganggapmu sebagai musuh abadiku selamanya”.
 Suasana seketika menjadi sunyi kala itu, aku sangat tidak terima atas kata-kata anton yang mengatakan bahwa aku suka ama dia. Tak sepatah kata pun terucap dari mulut anton. Begitu pula denganku, aku sedikit lepas control and menunggu respond dari anton. Beberapa saat kemudian….
“soryy sah, sebenarnya diriku gak tau kalo dirimu menganggap diriku sebagai temen baik selama ini, bener loh diriku bener-bener gak tau tentang itu semua, and kalo memang apa yang dirimu bilang itu bener, dengan senang hati diriku mo jadi temen baik dirimu”.
Lega, plong, and serasa terlepas dari semua beban penderitaan ketika aku mendengar jawaban dari anton, itu artinya sekarang anton udah tau kalo selama ini aku menganggapnya sebagai temen baik bukan sekedar temen biasa.
Setelah peristiwa itu aku and anton gak lagi terlihat seperti tikus and kucing. Anton perlahan pulih dari sifat sentimennya ama aku, namun kesempatan itu gak aku manfaatin buat nanya ama anton tentang pristiwa aneh yang terjadi padanya hari senin lalu.
Malem harinya, malem kamis iseng-iseng aku JJM (jalan-jalan malem) disekitar kawasan kampus, sepintas aku ngeliat anton lagi jalan didepan foto kopian deket warung pak de yang selalu open 24 jam nonstop. Berhubung aku ada diseberang jalan jadi aku gak bisa maggil anton coze kalo diliat dari kecepatan jalannya anton, sepertinya dia lagi keburu-buru kayak dikejar musuh, padahal kan belanda masih jauh.
Aku baru inget, mungkin anton terburu-buru coze dia punya janji ama temen-temen sekontrakannya malem ini. Dari pada ganggu mendingan aku jalan-jalan ndiri aja sekalian cari maem malem. Jauh melangkah sampai diperempatan jalan gang sepuluh kebetulan ada acara pernikahan warga. Karena diacara itu ada hiburan qosidah, aku sempatin nonton, niatnya sich sebentar, tapi karena qosidahnya asyik-asyik and enerjik-enerjik penyanyinya, jadinya aku kelupaan hingga akhirnya sampe jam 11.43 malem.
 Karena waktu yang gak ngijinin aku pulang aja takutnya tar kemaleman and kesiangan besok bangunnya. Entah angin apa yang mengajak gerak langkah kaki aku lewat depan jalan raya, biasanya sich aku lewat patas ato jalan tol coze lebih deket and sunyi gak rame. Aku terkejut ngeliat anton memasuki warnet.
“loh, katanya gak bisa nemenin aku kewarnet coze ada acara ama temen-temen sekontrakannya, tapi kok kewarnet sendirian, kalo memang acaranya sudah selesai kok gak SMS aku ya”.
Untuk menjawab kebingungan and pertanyaanku, sengaja aku SMS anton. Aku nanya dia lagi ada dimana, ama sapa, and lagi ngapain. Tak lupa biar gak kelihatan serius aku bumbui kata-kata SMSku dengan “gi pake baju pa, dah maem lom. Sorry ya gi dpet SMS gratis, so SMSx kyakx gak pnting”. Sambil berjalan pulang aku tunggu balasan dari anton, satu dua menit gak juga ada balasan, tiga empat menit pun berlalu tanpa balasan, baru pada menit kelima akhirnya HPku bunyi isyarat ada SMS masuk. Ironisnya isi SMS balasan itu gak sesuai ama kenyataan yang ada. Anton ngebalas gini……
“driku msh ma tmen2 sekontrakn, gi ngopi breng, pke` bju kaos, n lom maem”.
Jawaban yang komplit namun menyakitkan. Mendapat balasan SMS itu aku terdetak heran ama anton, kenapa dia harus bohong ama aku, padahal dia kan dah nganggap aku temen baiknya, seharusnya dia jujur dong ama aku, kalo udah begini  gimana aku harus percaya ama dia lagi, jelas-jelas dia lagi kewarnet ndirian, malah ngeles lagi ama temen-temennya.
Udah lah, berarti anton gak sepenuh hati nganggap aku sebagai temen baiknya, pokoknya mulai malem ini, jam sekian, menit sekian, detik sekian, and ditempat ini aku janji gak bakalan nganggap anton sebagai temen baik aku. Dia mau gitu kek, mau gini kek, pokoknya kayak lagunya maya yang terbaru EGP (emang gue pikiran).



Kamis
Hari kamis adalah hari baru aku tanpa anton orang yang telah menghianati kepercayaanku, hari baru dimana aku akan lebih banyak menghabiskan waktu di kosanku coze tak ada lagi rumah yang dapat aku kunjungi sebagai tempat penghilang rasa penat. Aku harus kuat dan tegar menghadapi semua ini, aku yakin bahkan haqqul yakin walaupun tanpa seorang temen baik di sampingku aku masih tetap bisa semangat dan termotivasi untuk lebih baik lagi. Aku tidak boleh terlalu terlena dan terlelap dalam kesedihan, bagiku hanya orang bodoh and tolol yang mau berlama-lama dalam kesedihan. Emangnya gak ada hal yang lebih penting yang harus dipikirkan extra selain Anton, Anton and Anton si anak beton itu. Wasting time dong,
Sementara Anton yang sama sekali gak ngerasa bahwa aku enek banget dengan sifatnya, melenggang kangkung dengan tas selempang yang dia kenakan. Dia melenggang ke kampus dengan wajah yang berseri-seri and look fresh. Wajah tampannya berhasil menyihir semua perhatian cewek-cewek di kampusku, saking tampannya sampe-sampe ngerombolan angsa milik mahasiswa peternakan bersorak soray seakan akan ingin mengatakan satu hal “wow tampan banget cowok ini, godain kita-kita dong”.
Pagi itu aku memang sudah gak nafsu buat ngelakuin apa-apa, aku lebih banyak terdiem and keliatan agak lesu, tapi itu semua bukan karena aku gak bisa tidur mikirin detik-detik putusnya hubungan pertemanan dengan anton, melainkan karena aku gak mandi sewaktu mo berangkat kuliah. Aku takut terlambat coze hari kemis aku punya satu mata kuliah yang dosennya itu bisa dibilang super disiplin, jadi dari pada terlambat jauh lebih baik kalo aku gak mandi, toh mandi ato gak nya aku gak ada yang bakalan tau.
Didalam kelas, anton duduk pas di kursi sebelah kananku, dia terlihat sangat wibawa dengan cara duduk yang menyerupai seorang direktur perusahaan ternama, ditambah dengan kemeja kotak-kotak yang dikenakan semakin membuatnya persis kayak pengusaha muda yang sukses parah. Satu menit sengaja kubiarkan berlalu tanpa sapaan dan teguran (sapaan and teguran sama aja kali). Dua, tiga, empat menit pun begitu, berlalu tanpa sapa dan tegur. Baru pada menit kelima, menit dimana dosen memberikan menu tugas, mulai terlihat gelagat aneh dari Anton. Aku sich biasa aja karena memang aku sudah tahu bahwa bakalan ada episode dimana Anton akan menyapa duluan, dan ternyata firasatku gak sedikitpun meleset. Episode itu pun datang. Anton mulai berakting dalam drama pendek  



No comments:

Post a Comment